Kabupaten Lampung Selatan lahir berdasarkan Undang – Undang Nomor 28 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-undang Darurat Nomor 4 tahun 1956, Undang-undang Darurat nomor 5 tahun 1956, Undang-undang Darurat nomor 6 tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Tingkat II termasuk kota praja dalam lingkungan Daerah Tingkat I Sumatera Selatan sebagai undang-undang. Kabupaten Lampung Selatan memiliki luas wilayah daratan 2.109,74 km2 dengan memiliki 17 (tujuh belas) kecamatan, 256 Desa dan 4 Kelurahan. Lahirnya Undang – Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-undang nomor 2 Tahun 2022 membagi kewenangan jalan Kabupaten merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten, Jalan Desa merupakan kewenangan Pemerintah Desa. Kabupaten Lampung Selatan memiliki total panjang jalan 6.608 Km yang terdiri dari jalan berdasarkan kewenangan penyelenggaraan jalan yaitu sebagai berikut:
No. | Panjang (Km) | Jenis | Prosentase (%) | Kewenangan |
---|---|---|---|---|
1. | Jalan Nasional | 154 | 2,3% | Pusat |
2. | Jalan Propinsi | 104 | 1,6% | Propinsi |
3. | Jalan Tol | 105 | 1,6% | Pusat |
4. | Jalan Kabupaten | 1.204 | 18,2% | Kabupaten |
5. | Jalan Desa | 5.040 | 76,3% | Desa/Kelurahan |
Jumlah | 6.608 | 100,0% |
Kabupaten Lampung Selatan memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.071.727 (data BPS 2020) Luas wilayah daratan 2.109,74 Km2 dengan panjang jalan kabupaten 1.204 Km dan panjang jalan desa 5.040 Km selengkapnya dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:
No | Kecamatan | Penduduk | Luas Wilayah | Jalan Kabupaten (SK 2023) | Jalan Desa (SK 2024) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Orang | % | Km2 | % | Ruas | Km | % | Ruas | Km | % | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 |
1 | Natar | 193.172 | 18,02% | 250,88 | 11,89% | 36 | 166,0 | 13,79% | 2.390 | 1.218,2 | 24,17% |
2 | Jati Agung | 129.501 | 12,08% | 164,47 | 7,80% | 24 | 111,5 | 9,26% | 3.359 | 1.199,8 | 23,81% |
3 | Tanjung Bintang | 82.757 | 7,72% | 129,72 | 6,15% | 23 | 125,3 | 10,40% | 378 | 255,2 | 5,06% |
4 | Tanjung Sari | 32.044 | 2,29% | 103,32 | 4,90% | 8 | 52,9 | 4,39% | 235 | 133,4 | 2,65% |
5 | Merbau Mataram | 56.901 | 5,31% | 113,94 | 5,40% | 13 | 64,5 | 5,36% | 484 | 201,9 | 4,01% |
6 | Way Sulan | 24.496 | 2,29% | 46,54 | 2,21% | 7 | 32,5 | 2,70% | 243 | 95,5 | 1,90% |
7 | Katibung | 73.069 | 6,82% | 188,62 | 8,94% | 15 | 104,1 | 8,64% | 440 | 130,4 | 2,59% |
8 | Sidomulyo | 65.748 | 6,13% | 158,99 | 7,54% | 16 | 70,6 | 5,86% | 447 | 202,5 | 4,02% |
9 | Candipuro | 58.029 | 5,41% | 84,90 | 4,02% | 14 | 63,4 | 5,26% | 766 | 268,0 | 5,32% |
10 | Way Panji | 18.232 | 1,70% | 38,45 | 1,82% | 4 | 23,2 | 1,93% | 201 | 91,8 | 1,82% |
11 | Kalianda | 94.784 | 8,84% | 179,82 | 8,52% | 24 | 115,5 | 9,59% | 783 | 396,9 | 7,88% |
12 | Rajabasa | 25.022 | 2,33% | 100,39 | 4,76% | 2 | 4,6 | 0,38% | 115 | 54,8 | 1,09% |
13 | Palas | 61.289 | 5,72% | 165,57 | 7,85% | 14 | 77,7 | 6,45% | 322 | 131,3 | 2,61% |
14 | Sragi | 35.914 | 3,35% | 93,44 | 4,43% | 9 | 50,9 | 4,23% | 347 | 182,8 | 3,63% |
15 | Penengahan | 42.555 | 3,97% | 124,96 | 5,92% | 10 | 60,1 | 4,99% | 493 | 227,4 | 4,51% |
16 | Ketapang | 53.518 | 4,99% | 108,60 | 5,15% | 14 | 60,6 | 5,04% | 433 | 180,8 | 3,59% |
17 | Bakauheni | 24.696 | 2,30% | 57,13 | 2,71% | 4 | 20,7 | 1,72% | 114 | 69,2 | 1,37% |
Jumlah | 1.071.727 | 100,00% | 2.109,74 | 100,00% | 237 | 1.204,1 | 100,00% | 11.550 | 5.039,9 | 100,00% |
Tingkat layanan jalan kabupaten terhadap jumlah penduduk Kabupaten Lampung Selatan setiap kilometer jalan kabupaten melayani 890 orang/Km dengan rincian tertinggi ada di Kecamatan Rajabasa dengan tingkat layanan jalan 5.423 orang/Km, Kecamatan Bakauheni 1.191 orang/Km, Kecamatan Natar 1.164 orang/Km, Kec. Jatiagung 1.162 orang/Km, Kecamatan Sidomulyo 931 orang/Km, Kecamatan Candipuro 915 orang/Km dan 11 kecamatan lainnya berada dibawah rata-rata kabupaten 890 orang/Km dan selengkapnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
No | Kecamatan | Data Penduduk dan Panjang Jalan | Tingkat Layanan Jalan Kab. Setiap Km (penduduk) | Rencana Tindaklanjut Ke Depan | |||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Penduduk (org) | Jalan Kab (Km) | Jalan Desa | Orang | Keterangan | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6=3/4 | 7 | 8 |
1 | Rajabasa | 25.022 | 5 | 55 | 5.423 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
2 | Bakauheni | 24.696 | 21 | 69 | 1.191 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
3 | Natar | 193.172 | 166 | 1.218 | 1.164 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
4 | Jati Agung | 129.501 | 111 | 1.200 | 1.162 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
5 | Sidomulyo | 65.748 | 71 | 203 | 931 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
6 | Candipuro | 58.029 | 63 | 268 | 915 | diatas rerata kab. | jalan baru / naikkan jalan desa |
7 | Ketapang | 53.518 | 61 | 181 | 883 | dibawah rerata kab. | |
8 | Merbau Mataram | 56.901 | 64 | 202 | 882 | dibawah rerata kab. | |
10 | Palas | 61.289 | 78 | 131 | 789 | dibawah rerata kab. | |
11 | Way Panji | 18.232 | 23 | 92 | 785 | dibawah rerata kab. | |
12 | Way Sulan | 24.496 | 33 | 96 | 753 | dibawah rerata kab. | |
13 | Penengahan | 42.555 | 60 | 227 | 708 | dibawah rerata kab. | |
14 | Sragi | 35.914 | 51 | 183 | 706 | dibawah rerata kab. | |
15 | Katibung | 73.069 | 104 | 130 | 702 | dibawah rerata kab. | |
16 | Tanjung bintang | 82.757 | 125 | 255 | 661 | dibawah rerata kab. | |
17 | Tanjung Sari | 32.044 | 53 | 133 | 606 | dibawah rerata kab. | |
Jumlah | 1.071.727 | 1.204 | 5.040 | 890 | rerata kabupaten |
Tingkat layanan jalan desa terhadap jumlah penduduk Kabupaten Lampung Selatan setiap kilometer jalan desa melayani 213 orang/Km dengan rincian tertinggi ada di Kecamatan Katibung dengan tingkat layanan jalan 560 orang/Km, Kecamatan Palas 467 orang/Km, Kecamatan Rajabasa 457 orang/Km, Kecamatan Bakauheni 357 orang/Km, Kecamatan Sidomulyo 325 orang/Km, Kecamatan Tanjung Bintang 324 orang/Km, Kecamatan Ketapang 296 Orang/Km, Kecamatan Merbau Mataram 282 orang/Km, Kec. Way Sulan 256 orang/Km, Kec. Tanjung sari 240 orang/Km, Kec. Kalianda 239 orang/Km, Kec. Candipuro 217 orang/Km dan 5 kecamatan lainnya berada dibawah rata-rata kabupaten 213 orang/Km dan selengkapnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
No | Kecamatan | Data Penduduk dan Panjang Jalan | Tingkat Layanan Jalan Kab. Setiap Km (penduduk) | Rencana Tindaklanjut Ke Depan | |||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Penduduk (org) | Jalan Kab (Km) | Jalan Desa | Orang | Keterangan | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6=3/4 | 7 | 8 |
1 | Katibung | 73.069 | 104 | 130 | 560 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
2 | Palas | 61.289 | 78 | 131 | 467 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
3 | Rajabasa | 25.022 | 5 | 55 | 457 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
4 | Bakauheni | 24.696 | 21 | 69 | 357 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
5 | Sidomulyo | 65.748 | 71 | 203 | 325 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
6 | Tanjung bintang | 82.757 | 125 | 255 | 324 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
7 | Ketapang | 53.518 | 61 | 181 | 296 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
8 | Merbau Mataram | 56.901 | 64 | 202 | 282 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
9 | Way Sulan | 24.496 | 33 | 96 | 256 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
10 | Tanjung Sari | 32.044 | 53 | 133 | 240 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
11 | Kalianda | 94.784 | 115 | 397 | 239 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
12 | Candipuro | 58.029 | 63 | 268 | 217 | diatas rerata kab. | penambahan jalan baru |
13 | Way Panji | 18.232 | 23 | 92 | 199 | dibawah rerata kab. | |
14 | Sragi | 35.914 | 51 | 183 | 196 | dibawah rerata kab. | |
15 | Penengahan | 42.555 | 60 | 227 | 187 | dibawah rerata kab. | |
16 | Natar | 193.172 | 166 | 1.218 | 159 | dibawah rerata kab. | |
17 | Jati Agung | 129.501 | 111 | 1.200 | 108 | dibawah rerata kab. | |
Jumlah | 1.071.727 | 1.204 | 5.040 | 213 | rerata kabupaten |
Berdasarkan prosentase panjang jalan kabupaten yang ada di Kabupaten Lampung Selatan sepanjang 1.204 Km, dengan prosentase tertinggi terdapat di Kecamatan Natar 13,79%, Kecamatan Tanjung Bintang 10,40%, Kecamatan Kalianda 9,59%, Kecamatan Jati Agung 9,26%, Kecamatan Katibung 8,64%, Kecamatan Palas 6,45%, Kecamatan Sidomulyo 5,86%, Kecamatan Merbau Mataram 5,36%, Kecamatan Candipuro 5,26%, Kecamatan Ketapang 5,04% dan 7 kecamatan lainnya berada dibawah 5% dan selengkapnya dapat dilihat dalam tabel dibawah ini:
No | Kecamatan | Penduduk (org) | Layanan Jalan (org/Km) | Jalan Kabupaten | Prioritas dalam pembangunan dan kawasan | |
---|---|---|---|---|---|---|
Panjang (Km) | Prosentase (%) | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6=3/5 | 7 |
1 | Natar | 193.172 | 1.164 | 166 | 13,79% | Bandara Raden Intan, Mendukung ibukota propinsi, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
2 | Tanjung bintang | 82.757 | 661 | 125 | 10,40% | Kawasan industri Lampung, Mendukung ibukota propinsi, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
3 | Kalianda | 94.784 | 821 | 115 | 9,59% | Ibukota pemerintahan, Pariwisata, Pertanian, Pusat jasa, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
4 | Jati Agung | 129.501 | 1.162 | 111 | 9,26% | Permukiman, Mendukung ibukota propinsi, Jalan Tol dan Kota baru |
5 | Katibung | 73.069 | 702 | 104 | 8,64% | Pelabuhan, Industri, Mendukung ibukota propinsi, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
6 | Palas | 61.289 | 789 | 78 | 6,45% | Lubung Padi, Pertanian, perdagangan/jasa dan mendukung kabupaten |
7 | Sidomulyo | 65.748 | 931 | 71 | 5,86% | Pariwisata, Jalan Propinsi, Jalan Tol, Pertanian dan Jalan Nasional |
8 | Merbau Mataram | 56.901 | 882 | 64 | 5,36% | Hutan, Pertanian, Jalan Tol dan Permukiman |
9 | Candipuro | 58.029 | 915 | 63 | 5,26% | Lumbung Padi, Pertanian, Jalan Propinsi dan berbatasan dengan Kab. Lampung Timur |
10 | Ketapang | 53.518 | 883 | 61 | 5,4% | Pertanian, kawasan industri lampung, berbatasan dengan Kab. Lampung Timur dan Jalan Nasional lintas timur |
11 | Penengahan | 42.555 | 708 | 60 | 4,99% | Lumbung Jagung, Mendukung ibukota kabupaten, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
12 | Tanjung Sari | 32.044 | 606 | 53 | 4,39% | Perkebunan, peternakan, mendukung ibukota propinsi dan Jalan Nasional |
13 | Sragi | 35.914 | 706 | 51 | 4,23% | Lumbung Padi, Pertanian, berbatasan dengan Kab. Lampung Timur dan Jalan Nasional lintas timur |
14 | Way Sulan | 24.496 | 753 | 33 | 2,70% | Pertanian, Perkebunan, dan berbatasan dengan Kabupaten Lampung Timur |
15 | Way Panji | 18.232 | 785 | 23 | 1,93% | Pertanian, mendukung ibukota Kabupaten, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
16 | Bakauheni | 24.696 | 1.191 | 21 | 1,72% | Pelabuhan Bakauheni, Tugu Siger, Mendukung kepentingan Nasional, Jalan Tol dan Jalan Nasional |
17 | Rajabasa | 25.022 | 5.423 | 5 | 0,38% | Gunung Krakatau, Gunung Rajabasa, Mendukung sumber air untuk Kawasan bakauheni, Pariwisata dan Jalan Propinsi |
Jumlah | 1.071.727 | 890 | 1.204 | 100,00% |
Pada tanggal 20 Februari 2021 dilaksanakan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Lampung Selatan terpilih oleh Gubernur Lampung yang berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.18-365 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-252 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Lampung yang ditetapkan di Jakarta tanggal 24 Februari 2021. Seiring dengan pelantikan tersebut kondisi Kabupaten Lampung selatan didera 2 masalah yaitu Tsunami birokrasi dan kondisi pandemic covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia.
Masa pandemic covid-19 di Indonesia dimulai tanggal 31 Maret 2020 (Keppres no 11 tahun 2020 tentang Penetapan Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-I9)) dan berakhir pada tanggal 22 Juni 2023 (Keppres no 17 tahun 2023 tentang Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Corona Virus Disease 2019 (covid-19) Di Indonesia). Focus utama pemerintah daerah yaitu memulihkan kesehatan masyarakat dan memulihkan ekonomi masyarakat akibat pandemic virus covid-19.
Pada tahun anggaran 2022 Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengajukan pinjaman
daerah kepada PT. SMI sebesar 90 milyar rupiah dengan total panjang 47,39 Km untuk melaksanakan
pembangunan jalan PEN Serdang sepanjang 18,71 Km (ruas jalan Sp Serdang-Jati Baru-Talang JawaNgesti karya (Batas Lampung Timur) dan PEN Sidomulyo sepanjang 28,68 Km (ruas jalan Talang Baru -
Pasar Sidomulyo - Sidoarjo - Sidomakmur - Bumi Daya – Palas).
Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Selatan selama periode dari tahun
anggaran 2020 sampai dengan tahun anggaran 2024 dengan nilai tertinggi yaitu 204,8 Milyar pada tahun
2022 dan terendah pada tahun 2020 sebesar 70,28 Milyar, selengkapnya dalam tabel sebagai berikut:
No | Kegiatan | Satuan | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Peningkatan/Rekonstruksi Jalan | Rp (dlm juta) | 56.530 | 104.066 | 183.557 | 111.780 | 101.109 | 557.042 |
2 | Rehabilitasi Jalan | Rp (dlm juta) | - | - | 9.201 | 4.383 | 1.277 | 14.861 |
3 | Pemeliharaan Rutin Jalan | Rp (dlm juta) | 7.400 | - | 4.162 | 496 | 5.370 | 17.428 |
4 | Pembangunan Jembatan | Rp (dlm juta) | - | - | 1.000 | 3.118 | 3.800 | 7.918 |
5 | Rehabilitasi Jembatan | Rp (dlm juta) | - | - | 2.015 | 2.038 | 1.534 | 5.587 |
6 | Penanggulangan Bencana Jalan | Rp (dlm juta) | 199 | 150 | 1.731 | 3.550 | - | 5.630 |
7 | Penanggulangan Bencana Jembatan | Rp (dlm juta) | 6.151 | 2.183 | 3.112 | 1.000 | 5.649 | 18.095 |
Jumlah | Rp (dlm juta) | 70.280 | 106.399 | 204.778 | 126.365 | 118.739 | 626.561 |
Sedangkan realisasi pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Selatan selama periode dari tahun anggaran 2020 sampai dengan tahun anggaran 2024 dengan realisasi tertinggi tahun 2022 yaitu 136,13 KM dan terendah pada tahun 2020 sebesar 54,25 Km, selengkapnya dalam tabel sebagai berikut:
No | Kegiatan | Satuan | 2020 | 2021 | 2022 | 2023 | 2024 | Jumlah |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Peningkatan/Rekonstruksi Jalan | Km | 54,25 | 86,40 | 136,13 | 90,84 | 57,18 | 424,80 |
2 | Rehabilitasi Jalan | Km | - | - | 59,56 | 5,29 | 0,30 | 65,15 |
3 | Pemeliharaan Rutin Jalan | Km | 76,46 | - | 42,15 | 4,85 | 77,39 | 200,85 |
4 | Pembangunan Jembatan | Unit | - | - | 1,00 | 4,00 | 3,00 | 8,00 |
5 | Rehabilitasi Jembatan | Unit | - | - | 7,00 | 113,00 | 64,00 | 184,00 |
6 | Penanggulangan Bencana Jalan | Km | - 0,90 | 1,80 | 2,50 | - | 5,20 | |
7 | Penanggulangan Bencana Jembatan | Unit | 38,00 | 12,00 | 10,00 | 5,00 | 6,00 | 71,00 |
Dari tabel penganggaran jalan tahun 2020 – 2024 dibandingkan dengan tabel realisasi fisik diatas didapat bahwa biaya peningkatan/rekonstruksi jalan membutuhkan biaya Rp. 1.311.000.000,- per kilometer jalan dengan kondisi umum adalah aspal rusak dengan kontruksi pengganti adalah aspal hotmix AC-WC dengan tebal rata-rata 4 cm dan lebar jalan 3 M sedangkan biaya tertinggi Rp. 5.952.000.000,- per kilometer dengan konstruksi rigid beton mutu Fs 3.8 dengan lebar 5 M tebal 20 Cm, LC beton Fc 10 tebal 10 cm, talud/drainase sepanjang jalan. Selengkapnya biaya yang dibutuhkan per satu satuan item pekerjaan dapat dilihat dalam tabel dibawah ini yaitu:
No | Kegiatan | Biaya Rp rerata per satuan | Rerata Fisik | Biaya Kontruksi per M2 | Keterangan | |
---|---|---|---|---|---|---|
Panjang (M) | Lebar (M) | |||||
1 | Peningkatan/Rekonstruksi Jalan | 1.311 Juta/Km | 1.000 | 3 | 437.102,- /M2 | Aspal 4cm+ base perata |
1.969 Juta/Km | 1.000 | 4 | 492.300,- /M2 | Aspal 4 cm, base perata+ bahu kika 1M t= 10cm | ||
2.632 Juta/Km | 1.000 | 4 | 657.895,- /M2 | Rabat t 20, base perata | ||
4.167 Juta/Km | 1.000 | 5 | 833.333,- /M2 | Rigid + LC + base perata | ||
5.952 Juta/Km | 1.000 | 5 | 1.190.476,- /M2 | Rigid, LC, base perata, bahu, talud/drainase | ||
2 | Rehabilitasi Jalan | 228 Juta/Km | 1.000 | 3 | 76.032,- /M2 | Aspal patching max 30% |
3 | Pemeliharaan Rutin Jalan | 87 Juta/Km | 1.000 | 3 | 28,923,- /M2 | rumput, patching dll |
4 | Pembangunan Jembatan 990 | Juta/Unit | 6 | 6 | 27.493.000,- /M2 | konstruksi Beton bertulang |
5 | Rehabilitasi Jembatan | 30 Juta/Unit | 5 | 6 | 1.012.138,- /M2 | Rutin Cat, rehab ringan |
6 | Penanggulangan Bencana Jalan | 1.083 Juta/Km | 1.000 | 3 | 360.897,- /M2 | rabat spot atau talud jalan |
7 | Penanggulangan Bencana Jembatan | 255 Juta/Unit | 3 | 5 | 16.990.610,- /M2 | konstruksi Beton bertulang |
Penilaian prioritas pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan jumlah penyebaran penduduk, tingkat layanan jalan jalan kabupaten yang sudah ada saat ini dengan nilai proritas pertama yang Kecamatan Natar nilai 51, Kecamatan Sidomulyo nilai 49, Kecamatan Palas nilai 47, Kecamatan Kalianda nilai 46, Kecamatan Katibung nilai 46, Kecamatan Jati Agung nilai 45, Kecamatan Tanjung Bintang nilai 44, Kecamatan Ketapang nilai 38, Kecamatan Candipuro nilai 37, Kecamatan Rajabasa nilai 37, Kecamatan Bakauheni 35, Kecamatan Merbau Mataram nilai 33, Kecamatan Way Sulan nilai 27, Keca Kecamatan Tanjung Sari nilai 20, Kecamatan Sragi nilai 19 dan Kecamatan Way Panji 16 selengkapnya dalam tabel dibawah ini.
No | Kecamatan | Penilaian | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
Jumlah Penduduk | Tingkat Layanan Jalan Kab. | Tingkat Layanan Jalan Desa | Jalan Kab Sudah Ada | Total Nilai | ||
1 | Natar | 17 | 15 | 2 | 17 | 51 |
2 | Sidomulyo | 12 | 13 | 13 | 11 | 49 |
3 | Palas | 11 | 8 | 16 | 12 | 47 |
4 | Kalianda | 15 | 9 | 7 | 15 | 46 |
5 | Katibung | 13 | 3 | 17 | 13 | 46 |
6 | Jati Agung | 16 | 14 | 1 | 14 | 45 |
7 | Tanjung Bintang | 14 | 2 | 12 | 16 | 44 |
8 | Ketapang | 8 | 11 | 11 | 8 | 38 |
9 | Candipuro | 10 | 12 | 6 | 9 | 37 |
10 | Rajabasa | 4 | 17 | 15 | 1 | 37 |
11 | Bakauheni | 3 | 16 | 14 | 2 | 35 |
12 | Merbau Mataram | 9 | 10 | 10 | 4 | 33 |
13 | Way Sulan | 2 | 6 | 9 | 10 | 27 |
14 | Penengahan | 7 | 5 | 3 | 7 | 22 |
15 | Tanjung Sari | 5 | 1 | 8 | 6 | 20 |
16 | Sragi | 6 | 4 | 4 | 5 | 19 |
17 | Way Panji | 1 | 7 | 5 | 3 | 16 |
Urutan Kecamatan | Nilai |
---|---|
1 | 17 |
2 | 16 |
3 | 15 |
4 | 14 |
5 | 13 |
6 | 12 |
7 | 11 |
8 | 10 |
9 | 9 |
Urutan Kecamatan | Nilai |
---|---|
10 | 8 |
11 | 7 |
12 | 6 |
13 | 5 |
14 | 4 |
15 | 3 |
16 | 2 |
17 | 1 |
No | Jenis | Uraian | Kondisi existing | |
---|---|---|---|---|
1 | Pertumbuhan Populasi dan Urbanisasi | Pertumbuhan populasi dan urbanisasi yang pesat akan menghasilkan peningkatan permintaan pembangunan konstruksi jalan yang lebih luas dan kuat. Namun, keterbatasan lahan dan peningkatan tekanan pada lingkungan membuat konstruksi jalan menjadi lebih rumit. |
|
|
2 | Kehandalan dan Daya Tahan | Jalan yang tahan lama dan tahan terhadap cuaca ekstrem serta beban lalu lintas yang berat menjad kebutuhan esensial. Meningkatnya jumlah kendaraan, termasuk kendaraan berat, memerlukan bahan konstruksi yang inovatif dan teknik desain yang kuat. Selain itu juga dibutuhkan teknologi yang mampu mengawasi beban muatan kendaraan yang ideal. Widya load scanner menjadi salah satu alat berteknologi canggih yang dapat melakukan pengawasan muatan kendaraan |
|
|
3 | Ketahanan Lingkungan | Konstruksi jalan dapat memiliki dampak besar pada lingkungan, termasuk deforestasi, degradasi tanah, dan pencemaran. Tantangan ini mendorong kebutuhan untuk mengadopsi pendekatan konstruksi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan | Adanya muatan berat di Kecamatan Natar, Tanjung Bintang, Jati Agung dan Kec. Katibung (overload, prilaku sopir dan penduduk) | |
4 | Biaya dan Pembiayaan | Konstruksi jalan memerlukan investasi yang cukup banyak serta biaya pembangunan dan pemeliharaan jalan yang tinggi. Hal ini tentu bisa menjadi hambatan dalam melaksanakan konstruksi jalan. Pembiayaan yang tepat perlu diidentifikasi untuk memastikan proyek jalan dapat dilaksanakan tanpa mengganggu keuangan daerah. |
|
|
5 | Keterbukaan Informasi | Dengan terbukanya teknologi informasi maka penyelenggara jalan dituntut kecepatan dan ketapatan dalam penanganan kerusakan jalan yang ada di Lampung selatan | Semakin banyak masyarakat yang peduli dan memberitakan kondisi jalan di Kabupaten Lampung Selatan | |
6 | Perubahan Paradigma | Perbaikan jalan hanya melalui penyedia barang/jasa padahal sebagai pengelola tugas dan tanggungjawab yang utama dalam jalan. | Perlu semangat yang tinggi dari pegawai untuk turun langsung memperbaiki jalan yang rusak |
No | Jenis | Uraian | Penerapan |
---|---|---|---|
1 | Metode Desain Inovatif konstruksi jalan | Diperlukan desain konstruksi jalan yang inovatif serta penggunaan material berkualitas yang memiliki durability lebih lama dan ramah lingkungan, seperti aspal daur ulang, beton bertulang serat, dan material berbasis nanoteknologi dapat meningkatkan daya tahan dan kualitas jalan |
Desain jalan kabupaten jika
existingnya:
Desain Jalan desa rabat 10-15 cm atau Lapen/latasir; paving blok. |
2 | Cara Penanganan Jalan berdasarkan tingkat kerusakan | Penanganan jalan yaitu Pemeliharaan Rutin jalan dengan kerusakan jalan max 11%, Pemeliharaan berkala/rehab ringan jalan dengan kerusakan max 20%, Rehabilitasi sedang jalan dengan kerusakan 20% s/d 30% dan Rehabilitasi Berat/Rekonstruksi jalan dengan kerusakan diatas 30% kerja. |
|
3 | Metode pengadaan barang/jasa dan alokasi anggaran | Perlunya Pemeliharaan rutin jalan dan Pemeliharaan berkala/rehab ringan jalan dengan metode Swakelola Dinas dan Rehabilitasi sedang/ Berat/Rekonstruksi/ peningkatan jalan dengan penyedia barang/jasa | Porsi pekerjaan pemeliharaan rutin/berkala minimal 20% dari total biaya Sedangkan sisanya untuk peningkatan, rehab berat dan rekonstruksi jalan. |
4 | Pendekatan Berkelanjutan | Pengembangan jalan berkelanjutan dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan seperti tumbuhan, penggunaan material ramah lingkungan, dan teknologi pengurangan dampak lingkungan dapat memberikan manfaat jangka panjang | Perlu disiapkan kantong kantong parkir berbayar terutama truk di wilayah kecamatan Tanjung Bintang, Natar dan jati Agung |
5 | Metode Inovasi Cepat Tanggap | Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dimana informasi kerusakan jalan dapat diinformasikan oleh masyarakat/viral dan cepat ditanggapi/atau dikerjakan oleh penyelenggara jalan |
|
6 | Kolaborasi Sektor dan Publik | Kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta dapat membantu mengatasi tanta | Perlu kerjasama dan tindakan nya dalam dukungan swasta |
Kondisi kemantapan jalan kabupaten di Lampung Selatan per Desember 2023
No | Kecamatan | Penduduk | Jalan Kabupaten | Jalan Mantap | Jalan Rusak | |||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Orang | % | Ruas | Km | % | Km | % | Km | % | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 |
1 | Natar | 193.172 | 18,02% | 36 | 166,0 | 13,8% | 67,2 | 40,46 | 98,8 | 59,54 |
2 | Katibung | 73.069 | 6,82% | 15 | 104,1 | 8,6% | 48,2 | 46,30 | 55,9 | 53,70 |
3 | Kalianda | 94.784 | 8,84% | 24 | 115,5 | 9,6% | 66,8 | 57,84 | 48,7 | 42,16 |
4 | Jati Agung | 129.501 | 12,08% | 24 | 111,5 | 9,3% | 64,5 | 57,90 | 46,9 | 42,10 |
5 | Tanjung bintang | 82.757 | 7,72% | 23 | 125,3 | 10,4% | 87,3 | 69,72 | 37,9 | 30,28 |
6 | Sidomulyo | 65.748 | 6,13% | 16 | 70,6 | 5,9% | 34,3 | 48,55 | 36,3 | 51,45 |
7 | Palas | 61.289 | 5,72% | 14 | 77,7 | 6,5% | 43,2 | 55,61 | 34,5 | 44,39 |
8 | Candipuro | 58.029 | 5,41% | 14 | 63,4 | 5,3% | 34,3 | 54,11 | 29,1 | 45,89 |
9 | Ketapang | 53.518 | 4,99% | 14 | 60,6 | 5,0% | 32,2 | 53,11 | 28,4 | 46,89 |
10 | Merbau Mataram | 56.901 | 5,31% | 13 | 64,5 | 5,4% | 36,1 | 55,95 | 28,4 | 44,05 |
11 | Penengahan | 42.555 | 3,97% | 10 | 60,1 | 5,0% | 33,1 | 55,16 | 26,9 | 44,84 |
12 | Tanjung Sari | 32.044 | 2,99% | 8 | 52,9 | 4,4% | 28,3 | 53,52 | 24,6 | 46,48 |
13 | Way Sulan | 24.496 | 2,29% | 7 | 32,5 | 2,7% | 13,5 | 41,37 | 19,1 | 58,63 |
14 | Bakauheni | 24.696 | 2,30% | 4 | 20,7 | 1,7% | 11,0 | 53,10 | 9,7 | 46,90 |
15 | Sragi | 35.914 | 3,35% | 9 | 50,9 | 4,2% | 41,5 | 81,63 | 9,3 | 18,37 |
16 | Way Panji | 18.232 | 1,70% | 4 | 23,2 | 1,9% | 14,5 | 62,43 | 8,7 | 37,57 |
17 | Rajabasa | 25.022 | 2,33% | 2 | 4,6 | 0,4% | 2,8 | 60,18 | 1,8 | 39,82 |
Jumlah | 1.071.727 | 100% | 237 | 1.204 | 100% | 658,8 | 54,7% | 545,3 | 45,3% |